1.11.2012

Yuk Baca Bismillah


بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamualaikumwarahmatullahiwabaraakatuh

Alhamdulillah, akhirnya mulai posting juga di blog ini hahaha, dan postingan pertama adalah seputar Basmalah. Menurut saudara-saudaraku muslim semuanya, penting ngga tuh baca Bismillah kalo mau doing something? Oke, kita flash back just for a few moment. Tadi waktu buka ato nyalain laptop udah baca Bismillah belum? Pas mau pake baju udah baca Bismillah belum? Mau ngampus? Mau makan? Nah lho, yg satu ini, pas mau ngerjain kuis udah baca Bismillah belum? Haaayooo udah beluuum? Memang amalan yang satu ini walaupun terlihat simpel dan mudah *it is indeed so simple and easy hahaha* tapi sulit buat mengamalkanya. Bener kan? Kita suka teledor, suka lupa dan menyepelekan melakukan suatu pekerjaan tanpa didahului membaca Basmalah. Suatu pekerjaan yang insyaAllah didasari dengan niat yang baik, ikhlas dan berada di jalan Allah apabila tidak didahului dengan mengucapkan Basmalah bisa ngga dapet RidhaNya Allah SWT lhoo *naudzubillahimindzalik*.

Dengan mengucapkan Basmalah sebelum melakukan sesuatu, kita itu udah membaca Nama Allah, dengan begitu InsyaAllah Allah SWT akan memberikan RidhaNya di setiap aktivitas kita nantinya, so manfaat yang nantinya akan kita dan lingkungan peroleh itu engga sia-sia, bahasa orang jadulnya sih biar “lempeng” gitu. Saudara-saudaraku muslim coba de nglakuin aktivitas yang sama, misalnya belajar dengan baca Basmalah sebelumnya dan engga. Rasanya itu beda *bukanya lebay*. Dengan kita baca Bismillaahirrahmanirrahiim sebelumnya, semua aktivitas kita itu akan dapat pahala *InsyaAllah* dan dari hati kita sendiri itu bakal ada keyakinan bahwa kita ngelakuin aktivitas itu ada di jalan Allah SWT, jadinya itu lebih mantep sama yakin, setuju gaa? Hehehe. Okey saya udah sepik terlalu banyak kan, tapi ga ada dalilnya, nah berikut ini akan dijelaskan beberapa dari Hadist.

Keutamaan Basmalah telah disebutkan dalam hadist bahwa Rasulullah s.a.w pernah bersabda yang artinya :
Tiap amal perbuatan yang dianggap baik tetapi tidak dibacakan “BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIIM” ketika akan memulainya, maka perbuatan itu menjadi putung, alias terputus dari rahmat Allah SWT” (Hadist riwayat Ibnu Hibban)


Dalam riwayat lain yang bersumber dari Ibnu Mas’ud r.a menjelaskan, bahwa barangsiapa yang ingin diselamatkan dari Malaikat Zabaniyah (itu lho, Malaikaat yang tugasnya menyiksa orang-orang yang ada di neraka, ngerii kan ? hiii) yang berjumlah sembilan belas, maka hendaknya ia membaca “BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIM” niscaya Allah SWT akan menjadikan setiap huruf baginya sebagai perisai dari salah satu diantara Malaikat Zabaniyyah itu.

Disamping itu, keutamaan Basmalah ini telah banyak disebutkan dalam beberapa hikayat diantaranya sebagai berikut.  *cerita diedit biar gaul dikit, hehehe*
Tersebutlah dalam suatu hikayat bahwa syetan gendut berjumpa dengan syetan kurus yang cungkring. Lalu syetan gendut itu bertanya kepada si syetan cungkring : “ Hello broo, elu kena busung lapar ye? Kenapa badan gede gambreng lu nyusut jadi cungkring begini? Syetan cungkring dengan wajah sedih yang semakin memperburuk rupanya menjawab : “ gimana gue ga kurus kering cungkring begini, soalnye gue dikasih tugas buat nggodian orang yang bila si doi masuk kerumahnya ngucapin Basmalah. Pokoknyaaa dari segala behaviornya ntu si doi selalu mengucapkan Basmalah, maka inilah akibatnya gue kurus cungkring kaya penderita busung laper. . L “. Dengan sombong dan bangganya, si syetan gendut nyamber bales cerita ke si cungkring. “Waduuoo, Sorri ye broo, kalau gue si ditugasin nggodain orang yang g kenal sama apa si itu Basmalah. Jadi doi itu kaya orang udik dari goa mana gitu ye g tau bacaan Basmalah. Nah, alhasil gue bisa leluasa nemenin si doi pas makan, minum, berpakain sampe-sampe *tituuut* sama si istrinya. Asik ga tuuuh ??!!?,  sehingga gue tuh turut nunggangin si doi kaya nunggangin binatang tunggangan. Lumayan deh g kluar ongkos pergi ke komidi putar, buat tunggang-tunggangan. Hahahahahh!”

Dalam hal ini Imama Muslim meriwayatkan sebuah hadist bahwa Rasulullah s.a.w bersabda yang artinya : “Sesungguhnya telah dihalalkan bagi syetan makanan yang tidak disebut nama Allah (Basmalah) padanya"

Selain itu, saudara-saudaraku Rasulullah s.a.w juga masih mentolerir kita sebagai manusia yang mempunyai sifat pelupa dan teledor (nah udah fitrahnya kaya gitu, maklumin aja :D), apabila kita lupa baca Basmalah di permulaan kita akan makan dan minum ada bacaanya sendiri. Sebagaimana dalam riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi, Rasulullah s.a.w bersabda yang artinya : “Apabila salah seorang diantara kamu makan, maka hendaklah ia menyebut nama Allah (Basmalah) dan apabila ia lupa menyebut nama Allah dipermulaanya, maka hendaklah ia mengucapkan : “BISMI LAAHI AWWALAHU WA AAKHIRAHU” (Dengan nama Allah pada permulaannya dan akhirnya).”

Masih banyak sih keutamaan Basmalah yang dibaca sampe ratusan, bahkan puluhan ribu. Bukanya ngga mau ngamalin atau menyepelakan amalan yang sampe ratusan bahkan puluhan ribu tersebut, tapi lebih baik kita semua belajar dulu buat nerapinya di kehidupan sehari-hari. Lebih baik apply hal yang simpel dan gampang tetapi konsisten dari pada melakukan suatu hal yang berat dan tidak konsisten *bener ga? Hehehe* . Aku sendiri juga masih belajar untuk membiasakan diri membaca Basmalah untuk ngemulai suatu aktivitas. Jadi saudara-saudaraku muslim semua, ayok kita semangat ngerubah habit kita dari yang semula lupa-lupa ingat baca Basmallah jadi ingat ingat ingat untuk baca Basmalah. *semoga menjadi posting yang bermanfaat, Amin Ya Rabbal Alamin*

Wassalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh

0 comments:

Posting Komentar

danke

 
Copyright 2009 HUMAN MINDED. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemesfree