2.04.2012

Friday Seremon #1 Berdoa itu simpel lho. .


بسم الله الرحمن الرحيم



Kepingin ngeshare apa yang aku dapet tadi waktu khotbah salat jum’at dan supaya diriku sendiri inget lagi walaupun engga secara sempurna. Tapi InsyaAllah intinya aku inget. Sebelumnya maaf ni kalo ada beberapa dalil dari Al-Qur’an dan Al-Hadist yang engga aku sertakan, walopun tadi pas ustadznya khotbah udah aku tulis di memo hp masih engga sempet kecatet, and banyak yang salah denger ayatnya yang disebutin *pas dicari di AlQuran ga sesuai, lebih baik engga aku sertain. Jadi mohon maaf kalo ngga lengkap, bagi yang tau, mohon dibantu yaa.

Kali ini tentang gimana si cara berdoa sama Allah SWT yang bener dan efektif? Gamau kan kalo doanya engga diridhai n dikabulin olehNya? Naudzubillah. . So, di sini ada 5 point penting *maaf ya kalo ngejelasinya rada-rada ngeblur, eaaa fotokali, rada2 g jelas maksudnya. Aku sendiri sebisa mungkin td nyerna apa yang dijelasin, dan ini yang dapet aku serap.

1. Tata cara yang mudah bin simpel
Cukup berdoa dalam hati dengan sepenuh hati dan ikhlas, ga usah dikeras-kerasin apalagi sampe caper ke nenek #eaa. Ni beberapa dalil di Al-Quran :
Al-A’raf ayat 25 yang artinya : 
Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suaru yang lembut. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.
Al-A'raf ayat 205 yang artinya : 
Dan ingatlah Tuhanmu dalam hatimu dengan rendah hati dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, pada waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lengah.
Jadi insaAllah intinya dari ayat 205 tadi itu adalah kita kalo berdoa itu ya berdoa dengan Allah yang hanya didengar oleh Allah dan kita sendiri, ngga usah ngerasin suara apalagi sampe caper-caper #eaa

2.       2. Syarat yang harus dipenuhi
Yang pasti kita harus menjalankan semua perintahNya dan menjauhi laranganNya, dan yang utama kita ga boleh Syirik!, bukan sirik tanda tak mampu lho. . heaheaha. #udah gede kan? Udah tau maksudnya dari no, 2 ini kan? Jadi g usah dijelasin panjang lebar lagi. Hhohoho


3. Harus tau apa yang diminta
Lucu bangetkan kalo misalnya kita berdoa tapi ga tau hakikat apa sebenarnya dari doa yang kita ucapin. Lha kita aja yang minta bingung, gimana Allah ntar mau ngasih coba :D. Contohnya, kalo misalnya kita berdoa pake bahasa Arab, nah kita itu kudu tau artinya, jangan asal ngemeng aja ga tau arti sama hakikatnya. Hehehe. Dalilnya :
Hud ayat 46
Dia (Allah) berfirman , “Wahai Nuh! Sesungguhnya dia bukanlah termasuk keluargamu, karena perbuatannya sungguh tidak baik, sebab itu engkau jangan memohon kepada-Ku sesuatu yang tidak engakau ketahui (hakikatnya). Aku menasihatimu agar (engkau ) tidak termasuk orang yang bodoh”

4. Ada tiga cara Allah SWT mengabulkan doa hambaNya, jadi sabar  yaa :
a. Dikabulkan sesuai dengan permintaan 
b. Dikabulkan tetapi tidak sesuai dengan permintaan, diganti sama yang lain #eaa *di sini Allah bermaksud untuk menggantinya dengan lain yang lebih baik dari permintaan kita. Jadi open up our mind ya buat yang satu ini. Hehehehe, walopun kadang2 sedih juga #eaa , jangan negative thinking. hehe.
c. Dikumpulkan di Yaumul Hizab.Jadi doa kita itu berubah jadi amalan-amalan ntar di Yaumul Hizab. Then, jangan kaget kalo tiba-tiba besok amalan ibadah kita numpuk, yaa salah satu tabunganya ya dari sini ini. hehehe
Doa itu intisari ibadah, jadi ga ada yang sia-sia. Yakinlah :D

5.       Kita berdoa boleh pake perantara :
a.       Orang yang masih hidup
Langsung aku beri contoh deh : jadi gini ada percakapan antara si Fulan A dan si Fulan B *jadi inget sama pelajaran biologi, sering sebut si Fulan bla bla bla, Drosophilla Melaano. .  lupakan.
A: Eh, aku mau berdoa ni, aminin eaaa.
B: kok minta di aminin si? Emang boleh?
A: Boleh dong, lha kalo lagi doa bareng-bareng hayo? Yang doakan cuman satu yang lain pada amin amin.
B: eaaa deh.
A: Ya Allah, berilah jalan bagi hambamu ini agar lolos SNMPTN tahun ini di FK-PD UB Ya Allah. . Amin. .
B : Amiiiiin.

Hati kita ttp yakinlah sama yang di Allah, ttp minta pertolonganya sama Allah, cuman kita minta bantuan orang lain buat meng-amini. Semakin banyak yang doa in semakin di dengar sama Allah kan?

b.      Amal kebaikan
Al-Baqarah 45 : Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.
Perantara sabar jadi wasilah kita. *sory, aku rada g mudeng. hehe
c.       Menyebut sifat-sifat  Allah

0 comments:

Posting Komentar

danke

 
Copyright 2009 HUMAN MINDED. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemesfree